scroll of certification

scroll of certification

kata – kata  sertifikasi di dunia IT kalau di lingkup kita, misalnya kampus atau di lingkungan awam mungkin hanya sebuah kata tanpa makna, hanya sekedar mendapatkan legalitas, yaitu sertifikat. Namun bagi yang berada di dunia IT, sebagian besar pasti sudah mengerti betapa sangat berpengaruhnya harga sebuah sertifikasi. Bukan hanya berpengaruh pada terbukanya peluang kerja yang lebih luas, namun juga peluang mendapatkan gaji yang cukup signifikan.

Selain itu, ada lagi keuntungan yang dapat menjadi tambahan alasan untuk mempertimbangkan mengambil sertifikasi TI. Salah satu yang utama tentu saja membuka lebih banyak kesempatan pekerjaan. Sertifikat TI dapat meningkatkan kredibilitas seorang profesional TI di mata pemberi kerja. Dengan memiliki sebuah sertifikat TI yang diakui secara global, seorang profesional TI akan memiliki rasa kepercayaan diri yang lebih tinggi terkait dengan keterampilan yang dimilikinya. Ini karena melalui proses sertifikasi keterampilan yang dimiliki sudah mengalami validasi oleh pihak ketiga, dalam hal ini lembaga pemberi sertifikasi.

Selain itu pengalaman mengikuti sertifikasi akan memberikan wawasan-wawasan baru yang mungkin tidak pernah ditemui pada saat mengikuti pendidikan formal atau dalam pekerjaan sehari-hari. Selain mampu memberikan jalan yang lebih mudah untuk menemukan pekerjaan di bidang TI, sertifikasi juga dapat membantu Anda meningkatkan posisi dan reputasi bagi yang sudah bekerja. Bahkan sertifikasi yang sudah diakui secara global ini mampu meningkatkan kompetensi Anda dengan tenaga-tenaga TI dari mancanegara. Karena itu jangan heran jika sertifikasi yang telah Anda kantongi bisa lebih dihargai dibandingkan ijazah formal Anda.

Macam – macam sertifikasi :

Java 2 Micro Edtion

Java 2 Micro Edtion

Java

Sun menawarkan tiga jenjang sertifikasi bagi programmer Java.

Dari tingkat dasar ke advanced jenjang tersebut adalah: Sun Certified Programmer (sertifikasi paling dasar ), Sun Certified Developer, dan Sun Certified Architect. Setiap jenjang sertifikasi membutuhkan jenjang sebelumnya. Contoh, untuk mengambil sertifikasi Developer harus memiliki sertifikasi Programmer.

Sun Certified Developer adalah anak tangga selanjutnya dari sertifikasi Sun.

mungkin berpikir hanya perlu sekali lagi mengerjakan soal-soal pilihan ganda untuk menjadi seorang Certified Java Developer, tetapi Sun menuntut lebih banyak dalam ujian untuk jenjang ini.

.

Oracle Certification

Oracle Certification

Oracle
Sertifikasi Oracle menjadi salah satu sertifikasi yang palingpopuler dan banyak dicari. Laporan IDC Certified Report 2002 menyebutkan bahwa sertifikasi Oracle adalah kualitas yang paling dicari oleh pasar TI. Untuk memenuhi kebutuhan industri akan berbagai spesialisasi keahlian dalam menggunakan teknologi Oracle, Oracle saat ini menawarkan tiga jenis sertifikasi, yaitu : Oracle Certified DBA, Oracle Certified Developer, dan  Oracle9iAS Web Administrator. Setiap jalur sertifikasi dirancang untuk menguji penguasaan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan teknologi Oracle untuk suatu bidang kerja tertentu seperti developer, administrator, atau Web server administrator.

Cisco Networking Academy

Cisco Networking Academy

Cisco

Cisco merupakan pemegang pangsa pasar terbesar di bidang jaringan sampai saat ini. Cisco memiliki tiga jenjang sertifikasi, yaitu Associate, Professional, dan Expert. Jenjang sertifikasi Cisco secara umum meliputi Cisco Certified Network Associate (CCNA), Cisco Certified Network Professional (CCNP), dan Cisco Certified Internetworking Expert.(CCIE). Selain tiga jenjang umum tersebut, Cisco juga memiliki jalur spesialisasi, seperti network design, security, dan business networking. Beberapa jenis sertifikasi untuk jalur spesialisasi ini di antaranya adalah Cisco Certified Designing Associate (CCDA), Cisco Certified Designing Professional (CCDP), dan Cisco Security Specialist 1 (CSS1), dan lain sebagainya.

.

Microsoft Office

Sertifikasi Microsoft Office Specialist (Office Specialist) adalah sertifikasi premium untuk aplikasi desktop Microsoft. Fokus dari sertifikasi Office Specialist adalah mengevaluasi pemahaman menyeluruh terhadap program-program Microsoft Office dan Microsoft Project. Sertifikasi Office Specialist saat ini tersedia dalam lima jalur: Office 2010, Office 2007, Office 2003 Editions, Office XP, dan Office 2000. Untuk setiap jalur sertifikasi terbagi dalam tiga jenjang keahlian, yaitu Specialist, Expert, dan Master. Ujian sertifikasi Office Specialist untuk Microsoft Project difokuskan pada kemampuan menggunakan berbagai tool Microsoft Project dalam pelaksanaan berbagai tahapan proyek, seperti perencanaan proyek, custom grafik dan laporan kemajuan proyek, dan memfasilitasi berbagai kegiatan kolaborasi dan komunikasi tim.

kompetensi profesionalisme bidang IT, mencakupi beberapa hal :

1.   keterampilan pendukung solusi IT

  • installasi dan konfigurasi sistem operasi (mac, windows, linux)
  • memasang dan konfigurasi mail server, FTP server dan Web server
  • menghubungkan perangkat keras
  • programming

2.   Keterampilan pengguna IT

  • kemampuan pengoperasian penrangkat keras
  • administer dan konfigurasi sistem operasi yang mendukung network
  • administer perangkat keras
  • adminster dan mengelola network security
  • administer dan mengelola database
  • mengelola network security
  • membuat aplikasi berbasis desktop atau Web dengan multimedia

3.   pengetahuan bidang IT

  • pengetahuan dasar perangkat keras, memahami organisasi dan arsitektur komputer
  • dasar-dasar telekomunikasi mengenai perangkat keras
  • bisnis internet
About these ads